PENDAHULUAN

Setia Hati Terate adalah suatu Persaudaraan yang didirikan oleh almarhum KIHAJAR HARJOE UETOMO, di Pilang bango, Madiun.Pada mulanya dengan nama SETIA HATI PEMUDA SPORT CLUB ( SHPSC ) almarhum ki Harjo utomo adalah kadang keluarga besar Setia Hati yang diciptakan oleh almarhum Suro diwiryo yang berpusat di desa winongo Madiun.
Dengan memakai nama setia hati maka inti atau pokok serta sumber pendidikan kerokhanian dan pelajaran pencak silat Persaudaraan Setia Hati Terate adalah setia hati winongo dalam penghayatan 7 nya. Pendidikan dan pelajaran tersebut diselaraskan dengan situasi dan kondisi serta di modernisir menurut kebutuhan waktu dan lingkungan.pendidikan kerokhanian dan pelajaran pencak silat SH yang diusahakan SH Terate adalah untuk mewujudkan Persaudaraan yang kekal diantara warga anggotanya serta untuk tercapainya tujuan yang menjadikan mereka meanusia yang berperikemanusiaan dan berbudi pekerti luhur tahu benar dan salah serta memayu hayuning bawono.Oleh karena itu sesungguhnya yang kekal itu adalah ALLOH SWT, maka Persaudaraan yang kekal hanya mutlak serta berkiblat kepada ALLOH semata.yaitu dengan menjalankan segala perintahnya serta menjauihi segala larangannya.



PEPACUH-PEPACUH

“PEPACUH PEPACUH :
1. BERBUDI LUHUR TAHU BENAR DAN SALAH SERTA BERTAQWA TERHADAP ALLOH SWT.
2. PEMBERANI DAN TIDAK TAKUT MATI
3. BERHADAPAN DENGAN MASALAH REMEH/KECIL MENGALAH DAN BARU BERTINDAK KALU MENGHADAPI MASALAH YANG PRINSIP YANG MENYANGKUT HARKAT DAN MARTABAT KEMANUSIAAN
4. SEDERHAN A
5. MEMAYU HAYUNING BAWONO.(BERUSAHA MENJAGA KELESTARIAN DAN KETENTRAMAN DUNIA )
6. SEPIRO GEDENE SENGSORO YEN TINOMPO AMUNG DADI COBO.(SEBAIK BAIKNYA SESEORANG JIKA MEMBERIKAN PERTOLONGAN DENGAN IKLAS TANPA PAMRIH,DAN TIDAK PERLU DIKETAHUI OLEH ORANG LAIN )
7. OJO WATON NGOMONG YEN NGOMONG KANG NGANGGO WATON(JANGAN ASAL BERBICARA TAPI BERBICARALAH DENGAN DASAR
8. OJO DEMEN GAWE ALANE ING LIYAN ,OPO OLONE GAWE SENENGE ING LIYAN (JANGAN SUKA BEBSBUAT JELEK DENGAN SESAMA,BERBUAT KEBAJIKAN PADA SESAMA )
9. OJO SOK RUMONGSO BISO,NANGING SING BISO RUMONGSO (JANGAN MERASA DIRI PALING SUPER,TAPI SADAR DIRI DAN SADAR AKAN KEBERADAAN ORANG LAIN )
10. NGUNDUH WOHING PAKARTI SOPO NANDUR MESTI NGUNDUH ( SEGALA DARMA PASTI AKAN BERBUAH,APAPUN PERBUATAN YANG KITA LAKUKAN PASTI AKAN KEMBALI PADA DIRI KITA SENDIRI



PELAJARAN PENCAK SILAT SETIA HATI TERATE

Pencak adalah Jurus – jurus serta langkah – langkah yang diajarkan Persaudaraan Setia Hati Terate menurut pola tertentu beserta segala variasinya.
Silat adalah Strategi penggunaannya atau seni pemakainya dalam sambung atau dalam melakukan suatu perkelahian.
Orang yang mahir pencaknya, mengerti benar jurus – jurus beserta langkah – langkah dan fariasinya dalam perkelahian belum tentu dapat mengembangkannya menurut situasi dan kondisi sehingga dapat memenangkan perkelahian itu.untuk dapat mahhir dengan sungguh – sung pencek silat Persaudaraan Setia Hati Terate harus tahu akan jurus – jurus dan langkah – langkah serta mempunyai daya cipta / fantasi yang luas ( banyak akalnya ) dan punya pegetahuabn tentang ilmu tubuh manusia.Dalam dari pada itu soal bakat tidak boleh diabaikan karena ini menyangkut soal berpikir dan mengambil keputusan dengan cepat .dan dari kesemuanya itu harus dipahami dan dimengerti semua dan juga masih perlu penyempurnaan soal stamina dan ketahanan mental(tidak gampang menyerah karena sangat erat hubungannya dengan kesehatan badan,memang secara timbal balik badan yang sehat akan menjadi wadah yang baik untuk perkembangan kemahiran mempelajari ppelajaran pencak silat dan sebaliknya latihan pencak silat akan menjadikan badan kuat dan sehat.Berarti secara kontinue sangat berguna bagi peningkatan kemahiran pencak silat.Jurus Jurus dan langkah – langkah dalam pelajaran pencak silat Persaudaraan Setia Hati Terate yang selaras dengan gerak hidup alamiah manusia mulai bayi sampai dewasa.
Tingkat I ( Trap 1 ) adalah lambang pertumbuhan sampai dengan akhir nalihgh ( 20 th ) dalam penyelesaian ini jurus 36 diberiokan khusus pada permulaan wejangan tingkat 1.
Tin gkat 2 ( Trap 2 ) mencerminkan usaha mulia dalam meningkatkan kedewasaan ( 40 th )
Tingkat 3 ( trap 3 ) adalah lambang pperkembangan jiwa yang telah mantab oleh karena itu dalam pelajaran jurus – jurus dan langkah langkah pencak silat Persaudaraan Setia Hati Terate jurus terakhir yang diberika ialah satu satu nya yang ada di tingkat 3 ( trap 3 ) tersebut,secara mental berarti.setelah diterima jurus ini,seluruh kemahiran pencak silat Persaudaraan Setia Hatoi Terate yang diajarkan harus diajarkan serta harus disimpan, dijaga Rapat – rapat agar tidak dopersalahgunakan,terkecuali apabila harus menghadapi soal hidup ataumati ( kepepet,tersusut secara mutlak )Dalam pada itu akan menjadi amat sangatlah jelas,mengapa setelah jurus tingkat 3 yang kemudia diberikan wejangan yang menuntun te ntang Ketauhidan yaitu penyerahan secara bulat yang ditujukan hanya kepada Alloh swt semata.





1 komentar:

{ MASTER ASHTER } at: 16 Mei 2011 02.35 mengatakan...

GAUL...http://jonggolsehati.blogspot.com/

Poskan Komentar

Daftar Blog Saya

setia hati terate

Loading...

setia hati terate

setia hati terate
terate

Slideshow

Loading...
Powered By Blogger

Fish

 
PERSAUDARAAN SETIA HATI TERATE © 2011 Theme made with the special support of Maiahost for their cheap WordPress hosting services and free support.